Rabu, 08 Juni 2011

Negosiasi Bisnis

Banyak negosiasi bisnis terjadi di luar meja negosiasi. Masalah menjaga reputasi dan menyelamatkan muka seringkali jadi batu sandungan jalannya negosiasi formal. Untuk mengatasi ini usahakan untuk mengadakan pertemuan informal sebelum negosiasi. Pertemuan ini adalah saat yang baik untuk membangun hubungan baik, memperkirakan hal-hal yang mungkin muncul dalam negosiasi dan mendapat gambaran hal-hal yang bisa diperjuangkan dalam meja negosiasi. Pada saat formal negosiasi berlangsung, sering kali waktu istirahat yang lebih santai dapat di manfaatkan untuk mencairkan ketegangan.

Beberapa teknik dasar dalam negosiasi :

• Pisahkan masalah dari pelaku. Yakinkan semua pihak bahwa negosiasi ini adalah usaha dari semua pelaku untuk memecahkan masalah, bukan pertentangan antar pelaku.
• Pentingkan keadilan. Jangan berusaha untuk menang sendiri.
• Pisahkan mana yang penting untuk di perjuangkan dan mana yang bisa dikompromikan.
• Sediakan sarana untuk menyelamatkan muka. Adanya pihak yang merasa kalah dalam negosiasi sering kali mengancam bertahannya hasil negosiasi.

1 komentar:

  1. Sebelumnya saya mohon maaf, Ada beberapa point yang saya kurang setujui dengan pendapat Anda tentang teknik negosiasi.

    Negosiasi diluar formal bukan berarti menyelamatkan muka. Akan tetapi salah satu teknik pendekatan terhadap klien.

    Salam sukses untuk kita semua,
    Hs. Sugiyanto
    CEO Pintarbernegosiasi.com

    BalasHapus